KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Rabu, 11 Januari 2012

GUHA PETENG

Guha peteng peninggalan Jepang yang ditemukan di kawasan ciperdanta desa jatisari kecamatan Tanjungsari kabupaten sumedang pada lahan milik. sebenarnya guha ini tertanam di dalam tanah sebagai markas pertahanan jepang. Guha peteng berjumlah tujuh tetapi pada saat gambar ini di ambil dua tahun yang lalu hanya tinggal 2 buah kondisinya seperti ini. Guha peteng ditemukan ketika tanah dibongkar letaknya di bawah pangaduan kuda heubeul Tanjungsari sebelah kiri arah bandung bisa kelihatan dari jalan raya. setelah gedung in ditemukan maka suka digunakan main-main anak didalamnya, kami sempat masuk ke dalam gedung ini ketika mengambil gabar terasa ada aura seram sehingga terasa merinding.


Guha Peteng tampak dari samping sayang sekali gedung ini tidak dipelihara sebagaimana mestinya padahal menurut saya gedung ini baik untuk dilestarikan sebagai bukti sejarah jaman dahulu. kondisi seperti tampak dalam gambar.

Guha peteng di ambil dari jarak jauh  maka tampaklah seperti ini dibelakang gedung peteng adalah tempat pacuan kuda Tanjungsari dan gedung-gedung lainnya ada di belakang ini. 
Ketika informasi ini diterbitkan guha peteng yang satunya sudah ambruk sehingga yang masih ada tampak pada gambar ini tersisa hanya satu seperti pada gambar ini kami ambil 2 tahun yang lalu. untung masih ada tersimpan sehingga kami bisa menyampaikan informasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar