KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Kamis, 15 Desember 2011

KERANGKA BAMBU UNTUK GREEN HOUSE BUNGA POTONG

Kerangka bambu untuk pembuatan rumah plastik bunga potong yang banyak ditemukan di daerah Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, kerap menggunakan bambu sebagai rangka bangunan greenhouse oleh para petani bunga potong didaerah ini.
 Kerangka ini mempunyai kekuatan hampir sama dengan kekuatan kerangka aluminium, begitu juga dengan bentuknya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan karena bambu mempunyai daya lentur yang elastis.

 
Ada keunggulan kerangka bambu selain dari harganya yang murah, keunikan mudah didapat, alami dan menghasilkan bentuk yang artistik.
Para petani bunga, terus menerus membangun green house bunga potong yang mana untuk tiang menggunakan awi surat, sedangkan untuk rangka atas dan pinggir bangunan dipergunakan awi tali. sedangkan sebagai perekat atau pengikat dipergunakan tali dari ijuk dan dari tambang plastik.Sedangkan untuk atapnya menggunakan jenis plastik yang dikenal dengan plastik UV (ultraviolet) yang tahan lama dan dapat menciptakan suhu udara dalam ruangan yang hangat.
Nampak pada digambar disamping, keadaan didalam ruangan green house yang digunakan untuk usahatani tanaman hias berupa bunga mawar. Penanaman tanaman bunga tersebut dilakukan pada bedengan-bedengan dengan lebar 1 meter dengan menggunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk organik.






Sebagai perbandingan pada gambar disamping merupakan greenhouse yang terbuat dari rangka aluminium dengan atap dari fiber glass dan dinding sari pagar kawat. Jika dilihat dari segi estetika, maka greenhouse yang terbuat dari bamabu lebih menarik dan lebih indah jika dibandingkan dengan yang terbuat dari aluminium. Rangka aluminium memang memiliki kelebihan dapat bertahan lama, tapi dari segi biaya cukup mahal. semoga dengan adanya posting ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi siapun yang berminat membangun green house. see u

2 komentar: