KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Selasa, 18 Oktober 2011

Teknik Sambung Pucuk

Teknik sambung pucuk adalah cara menyambungkan batang bawah dan batang atas agar supaya produksi lebih dipercepat dengan cara ini tanaman akan berproduksi hanya dengan jangka waktu dua tahun. Batang bawah ber umur enam bulan disisakan 15 cm dan dicogatmenyerupai hurup M, sedangkan batang atas dari pucuk panjang 3 cm daunnya dipangkas dan dicogat menyerupai hurup V setelah itu batang atas di masukan kebatang bawah lalu diikat dengan plastik lalu ditutup dengan plastik dan diikat bagian bawahnya hal ini dilakukan untuk mengurangi penguapan dan percepatan penyambungan jaringan sel. dibiarkan selama dua minggu dan dibuka dibiarkan untuk tumbuh selanjutnya selama enam bulan dan selanjut bibit ini bisa ditanam dilapangan.  Dalam gambar ini terlihat seorang petani ahli sambung pucuk Maman Ucup sedang memperagakan pembuatan sambung pucuk pada Alpukat.



Dalam gambar berikut saya berada pada lokasi persemaian hasil dari teknik sambung pucuk di lokasi kelompok Tani Medal Raharja Perum mushori Desa Raharja kecamatan Tanjungsari kab. Sumedang.

3 komentar: