KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Selasa, 04 Oktober 2011

Perajin Bilik Motif




Yang tampak diatas adalah hasil dari anyaman bilik motif buatan Kampung Cijotang, namanya motif Sagipat. Bilik motif ini terdiri dari 12 motif tetapi yang sering dikerjakan dan paling laku adalah motif sagipat. harganya mencapai Rp. 25.000,- per meter persegi yang seluruhnya terbuat dari kulit bambu atau hinis bambu hitam dan bambu biasa.
Bambu hitam di datangkan dari luar daerah yaitu dari Tasikmalaya dan Sukabumi dan wilayah Sumedang Timur, karena disini tidak tersedia bambu hitam. Sejak remaja, penduduk di kampung ini sudah memiliki keterampilan menganyam bilik motif. Seperti tampak pada gambar, ibu muda ini sedang menganyam bilik sambil menjawab beberapa pertanyaan dari saya.
Kami berkunjung ke kampung ini sehubungan dengan pembinaan terhadap petani bambu dan perajin bambu juga sambil melihat para pemuda pemudi yang datang dari daerah lain untuk magang belajar menganyam bilik motif dikampung ini.

Gambar disamping ini menunjukan seorang ibu sedang menganyam bilik motif sambil memberikan penjelasan kepada saya perihal kebiasaan ibu-ibu dan juga remaja sebagai perajin anyaman bilik yang merupakan pekerjaan pokok maupun pekerjaan sampingan. Ibu inimenyampaikan kepada saya bahwa anak sejak usia Sekolah Dasar sudah memulai menganyam bilik. Hasil anyaman dapat terlihan di bagian belakang saya.
Bagi saudara yang ingin magang belajar menganyam bilik motif dipersilahkan datang ke tempat ini.


Pada gambar ini nampak saya bersama siswa SPMA Tanjungsari  untuk melihat langsung ke lokasi anyaman bambu motif dan mereka merasa kagum terhadap aktifitas masyarakat dikampung ini, yang secara rutim dilakukan setiap hari baik siang maupun malam menjelang  tidur oleh para remaja dikampung ini.







Ini adalah Ibu Hj. Titi yang mempunyai perusahaan bilik motif yang bisa menampung hasil anyaman bilik motif dari para perajin disekitarnya sebagai pemberdayaan Gender yang patut diteladani dan diberi penghargaan atas partisipasinya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cara membuka peluang kerja bagi para wanita ditempat tinggal sekitarnya.

4 komentar:

  1. sampurasun, mugia cing janten silaturahmi.. ngarep manjang babarayaan...manawi tiasa aub. bilih meryogikeun bilik.mangga di klik email. pusat.kerajinan1@gmail.com. tlp. 085315410908. pin.51F8A726

    BalasHapus
  2. semoga dgn kerajinan bambu ini bisa terus meningkatkan perekonomian perajin/warga setempat...

    BalasHapus
  3. mau pesen bilik boleh minta kontak pengrajin/pnampung bilik yg bisa di hubungi....
    Urgent......

    BalasHapus
  4. mau pesen bilik boleh minta kontak pengrajin/pnampung bilik yg bisa di hubungi....
    Urgent......
    ato bsa nghbngi kami di 083820281130

    BalasHapus