KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Rabu, 14 Desember 2011

Bentuk Saung

Saung Huma, Disini nampak saya bersama petani suami istri sedang beristirahat setelah makan tetapi saya tidak ikut makan karena datangnya belakangan.










Saung yangsangat sederhana dikebun petani dalam hal ini saya akan menjelaskan pula mengenai teras yang belum ditanami dengan rumput penguat teras, coba anda perhatikan dibelakang saung nampak ada pohon yaitu pohon mangga dan pohon afrika, pohon manggadisebut etape 1 terus pohon afrika etape 2, yang menarik disini adalah perbanyakan pohon ke vertikal atau etape tidak ke horizontal atau melebar kesamping teknik ini perlu dikembangkan untuk mengirit lahan.





Dalam poto ini saya sedang melepas lelah sejenak setelah selesai penyuluhan ..enak juga ya. duduk sendirian sambil merenung, saung ini berada pada lokasi pembibitan tanaman keras.









Ini yang disebut saung julang ngapak coba anda perhatikan yang sebelah depan bukan yang sebelah belakang saung ini terbuka tidak tertutup, ini berada pada lokasi lahan pertanian darat.










Ini adalah saung umpak punya suhunan dua kaya kakak beradik saung ini saya peroleh di daerah pertanian darat yang terasnya sudah sempurna, seperti dalam saung ini nampaknya yang kecilnya untuk dipake untuk menyimpan pupuk dan alat pertanian.







Nah kalau ini saung unik bisa disebut juga sasaungan karena saya menemukan benda ini di wilayah tanaman tegakan dan empon-empon(Laja, Honje, Kapolaga dan kunyit) saya juga sebenarnya tidak mengerti ini untuk apa ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar