Ritual rendengan di Lebak Biru pada umumnya sama dengan masyarakat sunda disekitarnya hanya saja mungkin disini bisa disampaikan bahwa terdapat kawin muda dan pada umumnya gadis disini termasuk gadis pemalu lugu juga cerdik, bertutur kata lembut dan selalu senyum malu-malu, para gadis tidak terbiasa keluar seperti halnya para gadis di tempat lain bahkan ditemui gadis disini ketika menikah masih merasa malu dengan suaminya. Setelah menjadi suami istri barulah terjadi adaptasi antara keduanya (suami istri) melihat hal ini keaslian dan keluguan gadis lebak biru tidak bisa diragukan lagi karena keseharian para gadis disini ngamar (diam dirumah) tetapi aktifitas dalam rumah tetap dikerjakan seperti mencuci, menghapal, belajar, membantu pekerjaan orang tua didalam dan disekitar rumah. Pada umumnya gadis-gadis disini cerdas, ulet, pandai bertani ketika sudah menjadi pasangan suami istri.
Urutan Ritual seperti ini:
Nyirian, neundeun omong, nanyaan, nangtukeun waktu walimahan, ngeuyeuk seureuh, seserahan, walimahan, nincak endog meupeuskeun coet, miteskeun harupat, sawer panganten buka pintu, huap lingkung(pagunyeng-gunyeng bakakak antara suami-istri siapa yang dapat gede tanda akan mendapat rejeki paling besar), sungkem, balakecrakan hiburan, tangis kebahagian selalu lekat dengan acara ini. dicari hari baik untuk hari pernikahaan dengan cara palintangan di urut dari weton calon pengantin istri pameget, tempat tinggal lalu digabung dan nantinya dicari hari baik dan dawuh (saat walimahan) umpamanya hari senin tanggal 3 rayagung jam 8 pagi. bulan yang dipakai adalah bulan islam. masih ada tutunggulan ketika membuat beras untuk persiapan pernikahan calon pengantin istri suka di asah giginya supaya rata dan pengantin masih di keningan, memakai kebaya dan samping kebat lalu pakai sisigeran ketika pengantinan berlangsung lalu nyalametkeun panganten pengantin suka munjungan kepada kerabat dan orang tua. dan suka di pulang dengan berupa uang atau perabotan untuk bekal berumah tangga (imah-imah). ritual numas tidak dipakai karena akan menimbulkan pertengkaran dikemudian hari. adapun hiburan adalah jentreng. karena pada umumnya masyarakat disini senang menari tua muda dan menarinya sambil kasurupan. seterusnya mereka ngurenan.untuk menjalani kehidupan berumah tangga selanjutnya tidak lepas dari pemantauan dan bimbingan (dijaring diaping)orang tua kedua belah pihak tapi yang lebih dominan dari pihak pengantin istri.
Dina katuangan masih keneh ka pendak aya maranggi, anu sok diwadahan kana ruas aya oge wadah mangrupi rijen kontrang sareng rinjing aya bokor, boboko hoe, boboko tambaga anu merekeun sok di tuangkeun heula alias ngokoh sajaba ti dipulang ku katuangan tinu gaduh hajat sapertos opak, wajit , ulen, raginang, ragining, gegeplak, peuyeum ketan anu dipincuk ku daun jambu mende, cau, sangu sabungkus, daging sareng bebecek sapincuk.Ritual ieu ditutup ku Hajat pamungkas atawa Hajat lekasan. parupuyan masih dominan di angge dina unggal ritual kalebet ritual rendengan, jajampean masih dianggo dina saban kapentingan.kapendak oge aya panggung panganten opak warna arageung cau anu badag seuhangna, bolu, bakakak hayam, sangu, opak wajit sapuratina, di sagedengeun eta kapendak oge nu disebat purwanten sapertos panggung aya bakakak, sangu, opak, wajit sapuratina, peser, purwanten diancokeun keur canoli, keur tukang para, keur tukang nyangu, keur tukang rias, keur tukang nyawer, keur tatabeuhan jeung lebe nu ngadoa.
Urutan Ritual seperti ini:
Nyirian, neundeun omong, nanyaan, nangtukeun waktu walimahan, ngeuyeuk seureuh, seserahan, walimahan, nincak endog meupeuskeun coet, miteskeun harupat, sawer panganten buka pintu, huap lingkung(pagunyeng-gunyeng bakakak antara suami-istri siapa yang dapat gede tanda akan mendapat rejeki paling besar), sungkem, balakecrakan hiburan, tangis kebahagian selalu lekat dengan acara ini. dicari hari baik untuk hari pernikahaan dengan cara palintangan di urut dari weton calon pengantin istri pameget, tempat tinggal lalu digabung dan nantinya dicari hari baik dan dawuh (saat walimahan) umpamanya hari senin tanggal 3 rayagung jam 8 pagi. bulan yang dipakai adalah bulan islam. masih ada tutunggulan ketika membuat beras untuk persiapan pernikahan calon pengantin istri suka di asah giginya supaya rata dan pengantin masih di keningan, memakai kebaya dan samping kebat lalu pakai sisigeran ketika pengantinan berlangsung lalu nyalametkeun panganten pengantin suka munjungan kepada kerabat dan orang tua. dan suka di pulang dengan berupa uang atau perabotan untuk bekal berumah tangga (imah-imah). ritual numas tidak dipakai karena akan menimbulkan pertengkaran dikemudian hari. adapun hiburan adalah jentreng. karena pada umumnya masyarakat disini senang menari tua muda dan menarinya sambil kasurupan. seterusnya mereka ngurenan.untuk menjalani kehidupan berumah tangga selanjutnya tidak lepas dari pemantauan dan bimbingan (dijaring diaping)orang tua kedua belah pihak tapi yang lebih dominan dari pihak pengantin istri.
Dina katuangan masih keneh ka pendak aya maranggi, anu sok diwadahan kana ruas aya oge wadah mangrupi rijen kontrang sareng rinjing aya bokor, boboko hoe, boboko tambaga anu merekeun sok di tuangkeun heula alias ngokoh sajaba ti dipulang ku katuangan tinu gaduh hajat sapertos opak, wajit , ulen, raginang, ragining, gegeplak, peuyeum ketan anu dipincuk ku daun jambu mende, cau, sangu sabungkus, daging sareng bebecek sapincuk.Ritual ieu ditutup ku Hajat pamungkas atawa Hajat lekasan. parupuyan masih dominan di angge dina unggal ritual kalebet ritual rendengan, jajampean masih dianggo dina saban kapentingan.kapendak oge aya panggung panganten opak warna arageung cau anu badag seuhangna, bolu, bakakak hayam, sangu, opak wajit sapuratina, di sagedengeun eta kapendak oge nu disebat purwanten sapertos panggung aya bakakak, sangu, opak, wajit sapuratina, peser, purwanten diancokeun keur canoli, keur tukang para, keur tukang nyangu, keur tukang rias, keur tukang nyawer, keur tatabeuhan jeung lebe nu ngadoa.
Gening sanes anak muda nu nikah teh
BalasHapushee..hee.. ritual yang bagus
BalasHapusnyanggakeun mugi janten mangpaat
Hapus