KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Selasa, 29 November 2011

AREA TANPA TEGAKAN

Apabila kita menemukan suatu areal lahan pertanian darat yang tampak tanpa tegakan sama sekali maka saya sebagai penyuluh kehutanan merasa risih karena idealnya pada lahan kemiringan 0 sampai 15 persen itu mestinya ada tegakan / pohon yang tumbuh paling tidak 100 pohon / ha. Karena apa ? Vegetasi tetap diperlukan untuk keseimbangan tata air dan tata udara/ oksigen yang sangat diperlukan untuk kehidupan yang ideal.





Ditempat yang agak jauh dari gambar di atas saya menemukan sebatang albaziah yang hidup merana kurus dan kena penyakit tumor dahan sungguh kasihan dan dibelakang tampak kerusakan lahan diatas punggung bukit yang sengaja dipergunakan untuk kepentingan lain selain daripada pertanian yang mengabaikan kaidah konservasi. berikut dambar diatas teman saya sedang mengambil poto-poto tentang keadaan lahan disekitar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar