KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Selasa, 29 November 2011

PEMANFAATAN LAHAN DI BAWAH TEGAKAN

Nampak dalam gambar lahan di bawah tegakan kayu albasiah belum dimanfaatkan secara optimal dengan jenis tanaman yang lebih bermanfaat selain daripada rumput liar yang tumbuh dengan sendirinya, tetapi sebenarnya untuk upaya pengendalian erosi lahan seperti ini sudah cukup baik, erosi sudah bisa terkendali dengan penutupan lahan secara vegetatis.

Tetapi dalam gambar berikut pemanfaatan lahan di bawah tegakan pohon Afrika sudah nampak jelas penutupan lahan sudah ditanami dengan empon-empon, kunyit dan talas sehingga pada lokasi ini nilai ekonomis sudah lebih tinggi, petani bisa panen setiap tahun dari empon-empon tersebut. Dengan ditanamnya talas dan pisang berarti lahan ini menghasilkan kayu, pisang, talas, dan empon-empon. konsep pemanfaatan lahan darat seperti ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas yang mendukung peningkatan pendapatan petani, ada hasil tahunan dan ada hasil 5 tahunan dari kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar