KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Kamis, 24 November 2011

TANAMAN SELANG SEKAR TEGAKAN DAN SEMUSIM

Ini adalah tumpangsari Jagung dan kacang merah diantara tegakan Albaziah muda umur 2 tahun tampak pada gambar ukuran jarak tanaman jagung 1 m x 0,5 m dan diantaranya terdapat 1 sampai dua baris tanaman kacang merah yang umurnya bersamaan pemanfaatan lahan pada bidang olah sudah sempurna artinya lahan seluruhnya manfaat.







Pada gambar disamping saya memperoleh pakta dilapangan tanaman padi gogo yang di selang sekar dengan jagung dan ketela pohon coba anda perhatikan tanaman ketela pohon yang baru ditanam dan belum bertunas dipasang ditengah petakan hal ini sesuai dengan anjuran konservasi tanah dan air. perhatikan pula pada buludan telah ditanami rumput bede sebagai penguat teras dan penyedia pakan ternak.





Fakta ini menunjukan bahwa tanaman selang sekar antara ketela pohon yang telah berumur satu tahun yang ditanam memakai jarak 1 m x 0.5 m dan ditengahnya ada lahan kosong ditanami dengan jagung memakai jarak 1 m x 0,5 m tampak dalam gambar ini umur jagung 2 minggu.


Tetapi fakta ini menunjukan bahwa masih ada lahan yang belum dimanfaatkan adapun tanaman terdiri dari jagung, kacang tanah, dan ketela pohon yang baru di tanam. semua fakta ini saya peroleh di kawasan lahan pertaniaqn darat di desa Raharja kecamatan Tanjungsari kabupaten Sumedang. pada saat itu penelitian saya ditemani oleh teman THL-TB PP setempat Dadang Purnama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar