KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Selasa, 29 November 2011

IBU TANI

Dalam kunjungan lapangan kali ini saya menemukan seorang ibu tani yang sedang menggemburkan tanaman jagungnya memakai cangkul, sebenarnya hal ini tidak lajim seorang ibu tani menggunakan cangkul karena biasanya ibu tani menggunakan kored, karenanya hal ini menarik bagi saya untuk disajikan dihalaman ini, ketika saya bertanya kepada ibu ini dia menjawab kalau memakai kored kagok. makanya dia pakai cangkul. coba perhatikan dalam lahan ini terdapat beberapa tanaman selain jagung saya temui juga ada talas, ketela pohon, dan dibelakangnya ada kebun rumput adapun konservasinya sudah sempurna dan dia sudah mengerti tentang konservasi tanah dan air saya temui juga sudah terdapat terjunan pada lahan garapannya dan tanah disini sudah subur dengan warna kehitaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar