telaahan terhadap ceritera 'sang kuriang sakti' disitu disebutkan bahwa; "...budak teh inditna cepet ngetan turun gunung unggah gunung mipir pasir nete akar ngeumbing jangkar nyorang jungkrang ngambah sagara, sanggeus mangtaun taun lilana datang deui ka eta tempat ti beulah kulon" kalimat tersebut menunjukan bahwa sang kuriang telah ngalalana 'ngambah dunya' seperti halnya amerigo dan columbus, hal ini jarang dibahas karena yang sering dibahas adalah 'kasakten' dan guriang 70 patalukan sangkuriang,...
· · Bagikan
- Wisahya Drs selanjutnya mengenai pengalaman ngalalana ngambah dunya sang kuriang difokuskan terhadap bahwa sang kuriang ngalap elmu kasakten dari berbagai tempat dan berbagai resi atau padepokan sehingga sang kuriang menjadi sakti, baru kemungkinan diperoleh sinyal bahwa keterangan tempat dan resi itu, yang dimaksud mungkin negara, " berbagai negara atau pulau yang disinggahi sang kuriang"...
- Wisahya Drs kemudian dari cerita sang kuriang sakti hanya ditonjolkan inti cerita seperti, bahwa sang kuriang: bogoh ka indung, ngabendung nyieun sagara keur lalayaran dina parahu, najong parahu, napak kancang dalam versi lain dalam ngambah sagara sang kuriang tumpak parahu tapi tidak disebutkan bersama orang orang, hal ini dibunikeun seolah seorang diri kecuali disebut sebut guriang, tidak menutup kemungkinan sangkuriang ketika saba sagara menumpang perahu layar atau kapal layar, karena teknologi 'ninun' sudah ada...
- Rahmawati Soepiana Mung hanjakal brudak smp ts teu patos terangeun.. Eta ge sapalihnaKemarin jam 2:08 melalui seluler ·
- Wisahya Drs jadi pada masa sang kuriang hidup peradaban sudah maju orang sudah berpakaian dengan bukti adanya ninun sudan ada tombak dengan bukti ada perburuan ' kulantaran uncal emas teu meunang wae nya tungtungna si tumang ditumbak ku sangkuriang diala atina dibikeun ka dayang sumbi disebutkeun ati uncal emas" hanya pada cerita sangkuriang sakti tidak dibahas mengenai tatanen, tetapi ngingu hayam disebut pada akhir cerita " dayang sumbi ngeprak hayam ti paranje cena disarada" dlm versi lain ati si tumang digoreng...Kemarin jam 2:12 melalui seluler ·
- Wisahya Drs piwarang maca we pan aya di perpus sakola, kadang budak oge variatip kumaha anlehna, da akg oge ku kahayang sorangan hyg jadi sastrawan jg pangarang kapungkur teh ari sakola ka pertanian, tapi akhirna akg alumni sastraKemarin jam 2:16 melalui seluler ·
- Wisahya Drs dalam versi lain ati si tumang dipanggang, kalau menelaah ati digoreng kesannya beh dieu karena kalau digoreng peralatan rumah tangga sudah modern memerlukan katel dan susuk dan sudah ada minyak keletik, dalam kalimat lain sang kuriang dicocog ku taropong dan ditakol ku sinduk pabaliut, padahal ini cerita buhun karena variatifnya juru carita atau penutur dan ini merupakan carita lisan,sehingga penutur terpengaruhi oleh keadaan sesuai jamannya, perbedaan imajinasi dan persepsi penutur sehingga ada perbedanKemarin jam 2:35 melalui seluler ·
- Wisahya Drs nuklir ceritera sangkuriang sakti atau ceritera dayang sumbi terdapat pada akhir ceritera yaitu pada perihal ' penolakkan dayang sumbiketika sang kuriang ingin menikahi dayang sumbi, karena dayang sumbi kuat imannya, moal aing kudu kawin ka anak sorangan' maka bobot ceritera tersebut mengandung ajaran luhur yang perlu diteladani karena telah mempertahankan norma dan derajat martabat kemanusiaan yang hakiki, demikian akhir dari telaahan terhadap ceritera sang kuriang sakti atau dayang sumbi, salam terimakasiKemarin jam 12:22 melalui seluler ·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar