KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Kamis, 14 April 2011

Pengolahan Bambu Hutan


Sektor kerajinan merupakan salah satu sektor usaha yang bagi masyarakat yang tinggal di dekat hutan, terutaman hutan bambu. beberapa produk kerajinan yang berbahan dasar bambu dihasilkan dengan beberapa jenis barang yang bermanfaat seperti bilik, wide, perabotan rumah tangga (ayakan, nyiru, hihid, tetenong, boboko, tampir, cecempeh) yang memiliki nilai jual yang tinggi dan akrab dengan kehidupan manusia.
Dengan adanya pemanfaatan bambu ini, maka tingkat kesejateraan dan pendapatan petani menjadi meningkat, sehingga angka kemiskinan dapat berkurang. Oleh sebab itu, pelestarian hutan bambu perlu digalkan dan dimasyarakatkan sehingga kondisi alam (hutan bambu) tetap lestari dan masyrakat tetap sejahtera.
Beberapa sentra kerajinan bambu di wilayah Tanjungsari dan Sukasari terdapat di desa Pasigaran, Kadakajaya, Cijambu, Genteng, Mekarsari, Sukasari.
Berikut ini beberapa contoh produk kerajinan yang berbahan dasar bambu hasil dari kelompok-kelompok pengrajin di wilayah kecamatan Tanjungsari dan Sukasari.







Penyuluh Kehutanan


1 komentar: