KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Jumat, 11 Februari 2011

TERAS SEMPURNA


Sepanjang pengetahuan saya, ketika saya berkunjung kelapangan ditemukan hamparan yang luas yang telah memenuhi syarat perterasan yang sempurna. Ditemukan di wilaya timur kecamatan tanjungsari pada kelerengan 0-30 %. para petani disana telah melakukan konservasi lahan secara sempurna dan telah menjadi kebutuhan mereka, maka disini terlihat bahwa kemungkinan erose sangat kecil sekali dan infiltrasi air hujan peluanggnya sangat besar.
pada teras datar dibahunya dan tampingan telah ditanami rumput bede untuk mendukung peternakan sapi perah dan domba. pada kamalirnya masih terdapat lubang kancing sesuai syarat lanbow yang diajarkan tempo dulu kepada para petani disekitar jawa barat.
kesuburan tanah tetap terjaga, produktifitas optinmal dan kondisi air tanah stabil dengan terbukti bahwa sumur-sumur masih banyak mangandung air koinsumsi yang higienis.


(c) Drs. Wisahya, 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar