KEARIPAN LOKAL PARAHYANGAN : GUNUNG KAIAN, GAWIR AWIAN, CI NYUSU RUMATAN, PASIR TALUNAN, LEBAK CAIAN, SAMPALAN KEBONAN, WALUNGAN RAWATAN, LEGOK BALONGAN, DARATAN SAWAHAN, SITU PULASARAEUN, LEMBUR URUSEUN, BASISIR JAGAEUN, BUDAYA PASUNDAN JADIKEUN PAMEUNGKEUT PAGEUH KARAHAYUAN

Selasa, 01 September 2015

NUMBAL LELEMAH

NUMBAL LELEMAH; lajim dilakukan karena tradisi bila sebidang tanah (lelemah taneuh nu diratakeun), yang akan dibangun rumah (diadegan imah),suka ditumbal terlebih dahulu.
Ritual numbal dilakukan dengan tujuan agar lemah tidak sangar dan menjadi berkah untuk dihuni, dan tidak mendapat gangguan dari DEDEMIT ( mahluk halus) yang menghuni lemah tersebut, -- meh salamet nu nyicingan, salamet nu dicicingan.sangkan mulus rahayu berekah salamet teu ririwit repeh rapih, jauh tina godaan pacogregan, babari ngarah rejeki.--.
Pelaksanaan ritual, adalah dengan cara ; mengubur darah binatang suku dua(ayam) atau suku opat (domba embe), meunyan, seuseungitan, duit kecring; kemudian selain dari pada itu ditanam pula; tangkal pucuk hanjuang, tangkal cau manggala ngora, jawer kotok hanarusa, jukut palias yang diikat bersama (dibeungkeut dihijikeun), kemudian disiram dengan cai beas, cai kembang tujuh rupa, dipasang ruas haur koneng yang diisi cai beas, juga disetiap juru (unggal pongpok) dipasang ruas haur koneng dieusi cai beas.
Punika ikral, adalah ujuban ka karuhun dan ka dedemit nu ngageugeuh pada lelemah tersebut. kemudian membakar kemenyan pada tempatnya (meuleum menyan dina parukuyan atawa upet sintung kalapa).
Yang melakukan ritual numbal adalah kokolot lembur yang berilmu yang sudah tua dan biasa melakukan hal tersebut, ( nu boga wewesen nu tos sepuh), tidak lajim oleh orang muda, karena dipandang tidak layak ( can manjing umur).
Ritual numbal lelemah ada dua cara, yaitu yang pertama mengusir dedemit (ngingkahkleun), supaya penghuni halus pindah dari tempat tersebut ( .. maka geura ingkah jig rek kamana wae nya anjeun suka, sabab ieu lemah rek diadegan imah rek dicicingan ku manusa..); kedua adalah mendamaikan (matutkeun) menghuni bersama sama, tapi tidak saling mengganggu, dengan menggunakan kalimah (..mangka patut hirup bareng di ieu tempat jeung manusa, akur meunang campur teu meunang..).
Ritual ini sangat sakral karena yang numbal harus orang yang berilmu, sudah tua yang mampu melakukan hal itu, karena sipat dari dedemit (mahluk halus), ada yang menurut mengikuti perintah (MANUT), dan ada yang tidak mau mengikuti perintah (WANGKELANG).
RITUAL INI MASIH DILAKUKAN HINGGA SAAT INI BAIK DIKOTA MAUPUN DIPILEMBURAN